Return to site

Obat Herbal Hipertensi Tanpa Efek Samping

Obat Herbal Hipertensi Tanpa Efek Samping - Tekanan darah tinggi (hipetensi) merupakan sebuah keadaan yang dimana terjadinya peningkatan tekanan darah dalam jangka waktu panjang (kronis). Ketika melakukan pemeriksaan tekanan darah akan di dapat 2 angka.

Pada angka yang lebih tinggi didapat ketika jantung berkontraksi (sistolik), sedangkan angka yang lebih rendah didapat ketika jantung berelaksasi (diastolik). Darah dapat dikatakan normal jika tekanan darah 120/80 mmHg. Dan pada tekanan darah yang tinggi (hipertensi), umumnya akan terjadi peningkatan tekanan sistolik dan diastolik. Seseorang dapat di katakan mengidap tekanan darah tinggi apabila tekanan darahnya 140/90 mmHg atau bahkan lebih dari itu.

Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan sebuah faktor resiko munculnya serangan penyakit jantung, stroke, gagal jantung, dan juga aneurisma arterial. Tekanan darah tinggi juga merupakan faktor penyebab pertama terjadinya gagal jantung kronis. Selain riwayat keturunan, umur dan jenis kelamin, berikut ini juga masih ada beberapa faktor penyebab lainnya, yaitu :

  • Obesitas (kelebihan berat badan).
  • Jarang olahraga.
  • Kebiasaan buruk merokok.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi garam, alkohol, serta makanan yang mengandung tinggi lemak.
  • Kurang mengasup makanan yang mengandung serat, diet yang tak seimbang.
  • Stress / ada perasaan seperti tertekan.
  • Mengalami dislipidemia (kelainan kadar lemak dalam darah).

Gejala Umum Yang Muncul dari Penyakit Hipertensi

  • Merasakan sakit di bagian kepala ketika bangun tidur (yang terjadi hanya sesaat).
  • Gampang capek, lesu dan juga impoten.
  • Cepat marah.
  • Jantung berdedup kencang/cepat.
  • Merasa pegal & tidak nyaman pada bagian tengkuk.
  • Telinga berdenging.
  • Sulit tidur (insomnia).
  • Sakit di bagian pinggang.
  • Gangguan indera penglihatan (pandangan menjadi buram/kabur).

Beberapa macam tanaman tradisional dibawah ini berkhasiat mampu turunkan tekanan darah tinggi secara alami diantaranya :

  • Air Kelapa

Air kelapa tidak cuma berkhasiat untuk menyegarkan, namun air kelapa ini juga mengandung khasiat yang menakjubkan untuk kesehatan tubuh manusia. Dikarenakan manfaatnya yang begitu banyak, sampai-sampai orang Hawaii memberi julukan air kelapa muda ini sebagai “Noelani” yang artinya “embun dari surga”. Dan salah satu kegunaan dari air kelapa muda ini ialah mampu menyusutkan tekanan darah. Hasil dari sebuah penelitian telah membuktikan bahwa air kelapa muda ini mampu menyusutkan tekanan darah pada 71% pengidap.

Khasiat air kelapa bisa di peroleh saat kelapanya masih muda, atau yang disebut juga dengan air kelapa muda. Karena, kelapa muda mempunyai kandungan air sebesar 95%.


Selain berkhasiat mampu menurunkan tekanan darah, air kelapa muda juga sering disebut sebagai salah satu minuman yang lebih bagus ketimbang minuman berenergi. Air kelapa ini mampu menaikkan kesegaran dan energi tubuh tanpa mengandung bahan kimia yang berbahaya. Pada hasil dari suatu penelitian tahun 2007 juga telah di buktikan bahwa efek meminum air kelapa lebih bagus ketimbang minuman berenergi. Yang mana semua itu tidak terlepas pada kandungan nutrisi yang berada di dalam air kelapa, diantaranya air kelapa mengandung vitamin B esensial, mineral, selenium, sulfur, elemen pening seperti zinc, iodine dan juga mangan. Air kelapa juga mengandung 5 elektrolit penting seperti sodium, fosfor, magnesium, potasium dan kalsium. Selain itu, didalam air kelapa juga terkandung cytokinin (yakni hormon tanaman dalam aair kelapa yang mampu menangkal kanker & melambatkan proses penuaan). Selanjutnya, masih ada pula beberapa kandungan yang di miliki oleh air kelapa muda di antaranya asam amino, asam organik, enzim dan juga antioksidan.


Keistimewaan dari air kelapa muda yaitu keampuhan dan kemampuannya dalam menyusutkan tekanan darah. Sebab, tekanan darah tinggi (hipertensi) itu tidak bisa di sepelekan dikarenakan penyakit ini bisa mengakibatkan munculnya serangan penyakit jantung, gagal jantung, stroke dsb. Dan bahkan tekanan darah tinggi (hipertensi) juga dapat mengakibatkan terjadinya gagal ginjal.
 

  • Daun Sirsak

Daun Sirsak sudah dipercaya sebagai obat herbal yang tanpa menimbulkan efek samping. Daun sirsak mempunyai kandungan zat antioksidan yang tinggi sehingga mampu mentralisir radidak bebas yang terbentuk didalam sel darah. Zat antioksidan yang ada pada daun sirsak ini mampu melebarkan serta melenturkan pembuluh darah sehingga peredaran akan berjalan dengan lancar. Daun sirsak mudah di dapat tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak seperti perawatan pada dokter. Khasiat pada daun sirsak mampu membunuh sel penyakit mematikan seperti diabetes dan kanker. Pengobatan dengan daun sirsak dapt dilakukan dengan mudah. Petiklah daun sirsak dalam jumlah yang genap kemudian cuci daun tersebut hingga bersih. Setelah itu rebus daun sirsak untuk jumlah daun 8 helai aturannya dicampur dengan air sebanyak 3 gelas.

Daun Sirsak mampu mengobati penyakit darah tinggi dengan cara yang tradisional tanpa efek samping. Daun ini tergolong dalam tumbuhan obat herbal. Selain daun sirsak mampu mengobati dan mencegah tumbuhnya sel kanker, daun sirsak juga bermanfaat untuk obat darah tinggi. Khasiat dalam daunt sirsak mampu melancarkan peredaran darah sehingga tekanan darah yang tinggi mampu menurun perlahan hingga stabil. Tensi darah yang tinggi memang berbahaya, karena bisa berakibat menjadi penyakit stroke yang merupakansalah satu penyakit mematikan.

  • Tomat

Tomat sudah lama sekali di kenal sebagai salah satu bahan pangan yang begitu banyak menghasilkan sari buah, tomat ini juga mempunyai rasa yang unik dan agak masam. Dari sebagian orang mungkin ada yang tidak suka bila memakan tomat merah secara langsung (tanpa pengolahan).

Dan meskipun tomat ini di olah menjadi jus atau di jadikan sebagai bahan tambahan untuk sup, namun kandungan kaya akan nutrisi dalam tomat akan tetap mempertahankan mineral baik bagi tubuh. Selain itu, tomat ini juga terkenal mampu menjaga tubuh dari serangan kanker prostat.

Tapi, kini Anda bisa menjadikan tomat sebagai menu tambahan dalam diet darah tinggi dikarenakan tomat mampu menyusutkan tekanan darah secara alami. Kenyataan ini di topang oleh penelitian terbaru yang di lakukan di Universitas Ben Gurion untuk meneliti tomat sebagai alternatif untuk menurunkan tekanan darah terhadap 31 pengidap dan selama 4 bulan.

Dan setelah mengkonsumsi ekstrak tomat selama 4 bulan hasilnya menunjukkan bahwa tomat dapat menurunkan rata-rata sepuluh poin darah sistolik (ketika jantung berkontraksi) dan rata-rata empat poin tekanan darah diastolik (ketika jantung berelaksasi). Saat ini juga sudah banyak sekali yang membuat suplemen dari ekstrak tomat yang bisa Anda konsumsi. Akan tetapi, apabila Anda ingin mengkonsumsi tomat secara utuh, ada banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan seperti menjadikan tomat sebagai jus atau menambahkan tomat dalam olahan makanan seperti sup dsb. Mengapa tomat ini di pilih sebagai salah satu bahan yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi?

Dikarenakan tomat ini mengandung nutrisi yang begitu melimpah, dan tomat ini mengandung 0 gr kalori, yang artinya tomat ini bagus sekali untuk yang menjalani diet hipertensi. Tak hanya itu, tomat juga sudah dari dulu dikenal dengan sumber vitamin B3 yang sudah di pakai sebagai obat alami penurun kolesterol yang begitu aman untuk di konsumsi. Para ahli nutrisi ternama juga mengakui bahwa tomat ini merupakan sumber antioksidan likopen yang mampu menangkal radikal bebas sehingga Anda terlindungi dari beragam jenis serangan kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

Apabila saat ini Anda mempunyai tekanan darah tinggi yang beresiko mengakibatkan beragam macam penyakit jantung, maka dengan memilih mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi merupakan hal terbaik yang mesti di lakukan. Dan salah satu makanan yang mengandung tinggi potasium itu ialah tomat, sebab di lain pihak tomat ini merupakan sumber nutrisi dengan kandungan tinggi potasium. Selain dari pada itu, kandungan vitamin B6 & folat yang berada dalam tomat ini di butuhkan tubuh untuk bisa mengubah bahan kimia yang berpotensi berbahaya yang bernama homosistin. Terlibat dengan kasus tekanan darah tinggi, homosistin ini bisa merusak dinding pembuluh darah dan dilibatkan dengan meningkatnya resiko penyakit jantung dan stroke.

  • Pisang

Kalau buah yang satu ini, tentunya Anda semua juga sudah kenal kan dan bahkan sering memakannya pula. Namun, apakah Anda tahu buah yang selama ini sering Anda makan mempunyai manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh Anda. Kandungan yang di miliki oleh buah pisang ini di antaranya seperti gula yang lengkap yakni glukosa, sukrosa dan juga fruktosa. Kandungan kalori yang terdapat di dalam buah pisang itu sebesar 90 kalori, yang mana angka tersebut terbilang tinggi untuk kategori jenis buah-buahan. Pisang ini merupakan buah yang mempunyai manfaat yang sangat besar untuk tubuh, salah satunya untuk masalah kesehatan. Buah yang satu ini berkhasiat untuk menangani beragam macam penyakit seperti menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi), anemia, sembelit, menurangi efek mabuk dan juga masih banyak manfaat lainnya.

Buah pisang ini amat tepat dan bagus di konsumsi oleh pengidap tekanan darah tinggi (hipertensi), sebab pisang ini sangat minim kandungan garamnya. Selain itu pengidap tekanan darah tinggi (hipertensi) juga di sarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang berkadar garam tinggi.

Selain buah pisang mempunyai kandungan garam yang sangat minim, pisang ini juga mengandung kaya akan kalium. Sehingga perpaduan antara kandungan yang kaya akan kalium dengan kandungan garam yang sangat minim menjadikan pisang ini sebagai salah satu buah yang sangat berguna untuk pengidap tekanan darah tinggi (hipertensi).

Seperti itulah beberapa cara alami untuk menurunkan tekanan darah yang bisa Anda pilih salah satunya. Semoga saja apa yang di sampaikan dalam artikel ini bisa berguna dan menambah wawasan Anda semua yang membacanya, terutama untuk para pengidap tekanan darah tinggi.